Friday, May 3, 2019

Manfaat Penting Membuang Sampah Pada Tempat Sampah


Selama ini sampah dianggap sebagai masalah yang sangat membahayakan dan tidak memberikan manfaat. Padahal bila sampah tersebut dikelola dengan baik maka bisa dijadikan sebagai barang-barang yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. 

Namun kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tong sampah fiberglass memang dirasa masih sangat kurang. Tak jarang di berbagai tempat umum masih banyak ditemukan sampah yang berserakan. 

Padahal bila setiap orang membiasakan diri membuang sampah pada tempat sampah maka akan ada banyak manfaat penting yang bisa dirasakan.

Kurangnya kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya membuat sebagian orang mengabaikan kebiasaan membuang sampah. 

Bahkan kini mulai bermunculan peraturan agar tidak membuang sampah sembarang sebagai upaya menjaga kebersihan sekaligus mengatasi masalah sampah yang sering memicu timbulnya berbagai jenis penyakit. 

Untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya maka berikut akan dijelaskan manfaat penting membuang sampah pada tempatnya.

1.      Menjaga Kebersihan
Kebersihan merupakan pangkal kesehatan sehingga dengan membiasakan membuang tempat sampah pada tempatnya maka akan membantu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 


Dimana lingkungan yang bersih merupakan awal dari dimulainya hidup sehat dan jauh dari berbagai penyakit yang mengancam.

2.      Mencegah Banjir
Selama ini banjir merupakan bencana yang rutin terjadi dan kebanyakan disebabkan oleh sampah yang menumpuk di sungai. 

Sampah yang dibuang ke sungai akan mengganggu aliran air sungai dan resapan air sehingga memicu banjir. Untuk itulah perlu dilakukan penyediaan bak sampah di setiap rumah agar masyarakat menghilangkan kebiasaan membuang sampah ke sungai.

3.      Mencegah Bau Tak Sedap
Sampah bisa menimbulkan bau tak sedap yang mengganggu. Bau tersebut bisa mengundang bibit penyakit dan mengancam kesehatan tubuh.

4.      Supaya Terlihat Rapi dan Indah
Dengan membuang sampah pada tempatnya maka akan membantu menjaga kerapian dan keindahan lingkungan sekitar. Sampah yang berserakan dapat merusak pemandangan dan membuat mata tidak segar saat melihatnya.

5.      Mempermudah Daur Ulang
Membuang sampah pada tempatnya lalu memilahnya akan mempermudah proses daur ulang sampah tersebut. Dengan begitu masalah sampah terutama anorganik bisa teratasi secara lebih mudah.

6.      Mencegah Kerusakan Tanah dan Air
Perlu anda ketahui bahwa sampah dari kimia, logam dan plastik bisa merusak unsur hara pada tanah dan air. Sehingga dengan membuang sampah pada tempatnya maka bisa mengurangi pencemaran tanah dan air.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai manfaat penting membuang sampah pada tempat sampah yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Sampah kini bukan menjadi masalah besar selama masyarakat sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.