Tuesday, May 7, 2019

apa itu npwp?

Nomor Pokok Wajib Pajak atau yang biasa disebut NPWP adalah identitas yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada Wajib Pajak (WP). Wajib Pajak sediri adalah istilah untuk menyebut seorang pembayar pajak. Bagi Anda yang baru pertama kali memasuki dunia kerja kemungkinan masih asing dengan istilah-istilah di atas. Ada beberapa istilah perpajakan yang perlu Anda tahu sebelum memiliki kartu NPWP. Mari kita ulas satu per satu.

Untuk membuat NPWP Badan Perusahaan diperlukan persyaratan-persyaratan sesuai dengan aturan pajak yang berlaku. apa itu npwp Badan Perusahaan sendiri dibagi menjadi tiga jenis badan usaha yaitu badan Perusahaan profit oriented, badan Perusahaan non-profit oriented, dan badan Perusahaan joint operation. Karena persyaratan NPWP Perusahaan untuk masing-masing badan Perusahaan tidak sama, sebaiknya Anda haru memahami persyaratan membuat NPWP badan Perusahaan untuk masing-masing jenis badan usaha.

Syarat NPWP Pribadi dibagi berdasarkan pekerjaan Anda. Persyaratan NPWP pribadi untuk karyawan/pegawai tidak sama dengan persyaratan NPWP pemilik usaha. Dan khusus untuk Anda yang berstatus sebagai wanita yang sudah menikah, maka ada ketentuan khusus untuk ini.

Proses pembuatan kartu NPWP terbilang cepat yaitu 1 hari kerja. Namun jika ada salah satu persyaratan tidak terpenuhi maka terpaksa permohonan Anda akan sedikit tertunda. Untuk itu Anda perlu memahami apa saja syarat pembuatan NPWP untuk orang pribadi.

Permohonan ditolak karena tidak melampirkan surat keterangan kerja!

daftar npwp online memang mensyaratkan surat keterangan kerja dari tempat Anda bekerja. Namun permasalahannya adalah kolom untuk upload keterangan kerja tidak ada.

Saat ini upload file tidak harus berupa gambar. Bisa berbentuk file dokumen seperti WORD atau PDF. Jadi Anda bisa menggabungkan dokumen yang diminta (KTP dan Surat Keterangan Kerja) ke dalam satu file dokumen.

Untuk kartu NPWP akan dikirim ke Alamat sesuai dengan tempat tinggal Anda melalui jasa pos sehari setelah permohonan NPWP Anda di DJP Online diterima. Untuk lama pengiriman tergantung dari pihak pos.