Wednesday, December 18, 2019

Sertifikat ISO Memberikan Jaminan Mutu Produk

Saat ini ada banyak sekali produk atau barang yang sedang dipasarkan untuk masyarakat umum. Tentunya produk produk barang dan jasa ini akan berebutan untuk mendapatkan market. Itu berarti mereka harus bersaing satu sama lain untuk mendapatkan pelanggan. Tentunya bukan hal yang mudah bagi sebuah produk baru untuk mendapatkan pelanggan.

Mereka harus membuat orang-orang terlebih dahulu tertarik untuk menggunakan produk mereka. Setelah orang-orang tertarik mereka harus meyakinkan ke orang-orang bahwa menggunakan produk mereka itu aman dan menguntungkan. Dua tahap inilah yang membuat ada banyak sekali produsen yang memasang iklan di televisi dan juga mencari sertifikat untuk produk-produk mereka.

Anda mungkin sering melihat iklan yang luar biasa canggih ditampilkan di televisi dan hal itu digunakan untuk meyakinkan masyarakat bahwa produk yang ditawarkan adalah produk berkualitas. Tidak tanggung-tanggung mereka menyewa orang-orang terkenal untuk membintangi produk tersebut.

Bukankah banyak iklan yang dibintangi oleh cristiano ronaldo dan juga boyband k-pop dari korea. Mereka menggunakan bintang-bintang iklan ini untuk meyakinkan masyarakat bahwa tidak mungkin orang-orang ini mau membintangi produk mereka jika produk mereka tidak berkualitas. Tetapi masih banyak cara lain yang dipergunakan oleh para pemilik produk ini untuk meyakinkan masyarakat.

Seperti yang tadi sudah saya katakan mereka berusaha mendapatkan sertifikat untuk produk-produk mereka. Dua diantara sertifikat tersebut adalah SNI dan ISO. SNI adalah sebuah sertifikat yang menandakan sebuah produk sudah memenuhi standar nasional untuk kualitasnya.

Sedangkan ISO juga memberikan jaminan kualitas namun untuk kelas internasional. Dengan demikian produk-produk yang sudah mengantongi sertifikat ISO tentunya akan lebih mudah melakukan ekspor ke berbagai negara. Inilah yang membuat ada banyak sekali orang yang berusaha untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001.

Sertifikat ISO 9001 adalah sebuah sertifikat yang memberikan jaminan mutu dan kualitas atas produk produk yang dipasarkan di dunia internasional. Sertifikat inilah yang paling banyak dicari oleh pasar. Jadi jika anda tertarik untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 untuk produk-produk anda maka sebaiknya anda segera menghubungi lembaga sertifikasi ISO.

Saat ini sudah ada banyauak sekali lembaga sertifikasi ISO yang buka di berbagai kota besar di indonesia. Lembaga-lembaga ini sudah mengetahui bagaimana cara menentukan standar kualitas akan suatu produk untuk industri tertentu. Jadi anda hanya perlu menghubungi auditor ISO ini.

Mereka yang akan menentukan jadwal kunjungan ke perusahaan anda untuk melakukan survei. Jika mereka memperlihatkan bahwa perusahaan anda sudah memenuhi standar untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 maka tentunya anda akan mendapatkan sertifikat tersebut.

Tetapi bagi anda yang gagal mendapatkan sertifikat 9001 jangan langsung menyerah karena biasanya akan ada beberapa rekomendasi perbaikan yang diberikan. Anda hanya perlu memenuhi rekomendasi rekomendasi yang diberikan ini untuk lulus di penilaian berikutnya. Jika anda sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini maka anda bisa menggunakannya untuk 3 tahun ke depan.

Anda harus melakukan perpanjangan setelah 3 tahun ini berlalu. Sistem ini dibuat agar terus terjadi pengawasan yang berkesinambungan atas perusahaan perusahaan pemegang sertifikat ISO. Jadi masyarakat bisa selalu percaya dan yakin akan standar kualitas yang diakui oleh lembaga sertifikasi ISO