Wednesday, April 29, 2020

Pengertian modernisasi: Dampak positif dan negatif serta penjelasannya

Pengertian modernisasi
Add caption

Beberapa hal terkait dampak positif dan negatif modernisasi bagi kehidupan masyarakat serta bangsa dan negara. Pastinya kita sudah tidak asing dengan istilah modernisasi.

Pengertian modernisasi

Modernisasi dianggap sebagai sebuah perubahan masyarakat yang awalnya tidak maju atau kurang modern menjadi lebih maju. Kemajuan ini bisa diukur dari kesejahteraan serta kemakmuran suatu masyarakat. Sehingga modernisasi harus mengarah pada tingkat kesejahteraan masyarakat yang baik.

Jadi bisa disimpulkan bahwa pengertian modernisasi adalah sebuah perubahan pada masyarakat yang tadinya tradisional menjadi lebih maju dan modern.

Dalam prakteknya modernisasi bukan hanya memberikan dampak positif tetapi terkadang juga negatif. Lantas tahukah anda apa saja dampak positif dan negatif modernisasi?

Dampak positif modernisasi

Modernisasi tentu memberikan dampak yang berbeda-beda pada masyarakat tergantung bagaimana mereka menyikapi hal ini. Berikut beberapa dampak positif dari modernisasi yang sering terjadi:

Kemajuan di bidang teknologi

Kemajuan di bidang teknologi tentu menjadi salah satu diantara dampak positif dari era modernisasi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju pastinya akan lebih memudahkan kehidupan manusia. Misalnya dengan adanya email kita akan lebih mudah mengirim surat kepada kerabat yang jauh.

Hal ini tentu akan sangat berbeda saat kita masih mengirim surat secara manual. Karena butuh waktu yang lama untuk sekedar menerima balasan dari 1 surat. Jadi dengan adanya email proses komunikasi akan menjadi lebih mudah.

Produksi barang menjadi lebih mudah

Perkembangan dunia teknologi tampaknya juga berpengaruh pada sektor industri. Ini merupakan dampak nyata dari modernisasi yang positif. Dengan kemajuan teknologi proses produksi barang akan menjadi semakin mudah dan cepat. Hal ini pada akhirnya akan membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bukan hanya memudahkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat tetapi juga bisa meningkatkan ekonomi.

Berkembangnya ilmu pengetahuan

Jika dulu untuk mengakses ilmu pengetahuan kita masih mengandalkan buku sekarang di era modernisasi kita bisa memanfaatkan internet. Melalui internet kita bisa mengakses berbagai macam website untuk mencari informasi dan ilmu pengetahuan. Ini tentu merupakan bagian dari dampak positif dari modernisasi.

Transportasi menjadi lebih aman dan nyaman

Modernisasi bukan hanya di bidang teknologi komunikasi saja, tetapi juga pada sektor transportasi. Di sektor transportasi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju maka transportasi pun juga akan lebih aman dan nyaman. Ini pada akhirnya akan membantu memudahkan masyarakat dalam mendapatkan transportasi yang sesuai dengan standar.

Dampak negatif modernisasi

Selain memberikan dampak positif ternyata modernisasi juga menyisakan beberapa dampak negatif yang perlu diwaspadai. Berikut beberapa dampak negatif modernisasi bagi masyarakat yang tidak siap dalam menghadapinya:

Kurangnya lapangan pekerjaan

Modernisasi yang tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang baik pada akhirnya dapat menimbulkan kurangnya lapangan pekerjaan. Hal ini bisa saja terjadi lantaran beberapa pabrik industri menggunakan mesin sebagai alat untuk memproduksi barang.

Dengan demikian karyawan yang dulunya bekerja sebagai penggerak utama produksi menjadi menganggur dan kekurangan pekerjaan. Hal ini pada akhirnya bisa meningkatkan angka pengangguran di tengah-tengah masyarakat. Oleh sebab itu, modernisasi juga harus diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia agar tidak terjadi kesenjangan sosial.

Munculnya pergaulan bebas

Pergaulan bebas merupakan salah satu dampak negatif modernisasi yang perlu diwaspadai para orang tua. Dengan mudahnya akses teknologi saat ini seseorang bisa saja melihat budaya asing yang masuk ke indonesia, di mana salah satu budaya tersebut mengajarkan pergaulan bebas. Ini tentu bisa ditanggulangi jika masyarakat serta orangtua bersatu padu dalam mengarahkan para remaja.

Mulai lunturnya norma agama

Arus modernisasi memang menyisakan banyak dampak bagi kehidupan masyarakat salah satunya adalah lunturnya norma agama. Perkembangan teknologi seperti internet dengan website sebagai ujung tombaknya tampaknya bisa mempengaruhi anak-anak dan para remaja. Sayangnya pengaruh tersebut lebih kepada pengaruh negatif.

Pesan yang ada dalam website tidak semuanya positif, ada banyak yang mengarah pada hal-hal negatif di mana pada akhirnya bisa melunturkan norma agama. Belum lagi masuknya film barat ke indonesia juga bisa mengurangi nilai serta norma yang berlaku di negara dan agama.

Membuat orang menjadi malas

Modernisasi memang menawarkan kemudahan untuk hidup. Jika masyarakat tidak siap, ini tentunya akan menyisakan dampak negatif tersendiri. Salah satu diantara dampaknya adalah masyarakat relatif menjadi lebih malas terutama kalangan muda. Mereka lebih suka mendapatkan sesuatu dengan cara yang lebih mudah tanpa mengetahui proses. Hal ini tentu perlu diwaspadai para orang tua dan guru agar anak tidak terkena dampak negatif modernisasi tersebut.

Gaya hidup terlalu konsumtif

Gaya hidup yang terlalu konsumtif ternyata merupakan dampak buruk dari era modernisasi seperti saat ini. Masyarakat lebih disibukkan dengan hal-hal yang terkadang kurang penting sehingga mereka terlalu konsumtif. Hal ini pada gilirannya akan menuntut mereka untuk bekerja lebih keras karena kebutuhan hidup bukan hanya pada sektor primer tetapi juga sekunder.

Produk lokal yang mulai kalah bersaing

Era modernisasi memang akan mengarah pada perdagangan bebas di mana jika hal ini tidak diantisipasi oleh pemerintah bisa menghancurkan sektor industri dalam negeri. Masuknya barang dari luar negeri dengan kualitas yang lebih bagus dan harga yang lebih murah tentunya akan mengancam industri dalam negeri.

Peran pemerintah sangat penting sekali untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam memproduksi barang yang berkualitas dan dapat bersaing.

Kesimpulan

Modernisasi tidak selamanya memberikan dampak positif, ada juga dampak negatif yang harus diterima oleh masyarakat saat mereka tidak siap untuk menghadapinya. Dampak buruk modernisasi bisa dicegah selama masyarakat dan pemerintah bahu membahu dalam meminimalisirnya.

Peningkatan sumber daya manusia sangat penting sekali untuk menanggulangi efek buruk dari modernisasi. Hal ini dikarenakan manusia merupakan pelaku serta sasaran dari modernisasi tersebut.

Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan serta pengetahuan anda seputar modernisasi dan dampaknya bagi kehidupan masyarakat.

Sumber:
https://www.caraprofesor.com/dampak-positif-dan-negatif-modernisasi/
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/alAdyan/article/view/1423
https://www.caraprofesor.com/pengertian-modernisasi/