Skip to main content

5 Manfaat Istimewa Shalat Tahajud untuk Jasmani dan Rohani


Diantara ibadah sunnah yang paling banyak memberikan manfaat bagi fisik dan mental adalah shalat tahajud.

Namun, meskipun memiliki beragam manfaat ternyata masih sedikit diantara umat Islam yang melaksankan ibadah ini. Hal ini karena shalat ini ada di tengah malam atau akhir malam sebelum shalat subuh. Saat dimana banyak orang masih tertidur lelap.


Selain itu, masih belum banyak yang mengetahui jika shalat ini adalah mempunyai banyak sisi positif bagi kesehatan manusia.

Waktu terbaik saat melaksanakan shalat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir, sekira jam 2 atau 3 dini hari. Pada malam tersebut Allah ta’ala turun ke langit dunia, suatu bentuk kemuliaan tersendiri di malam tersebut.

Shalat yang hukumnya sunnah muakkad ini termasuk salah satu shalat yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad saw. Shalat ini juga merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sejak dahulu.

Dan berikut manfaat kesehatan jasmani dan rohani dalam shalat tahajud.

1. Mengatasi Diabetes

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dalam shalat tahajud di tengah malam dapat mengurangi kadar kortisol dalam tubuh manusia. Kortisol ini berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah saat merangsang metabolisme karbodidrat.

Jika kortisol naik, maka gula darah juga naik dan lebih berpotensi kepada penyakit diabetes. Namun jika seorang sering shalat tahajud di malam hari, maka kortisol rendah dan gula darah penyebab diabetes pun juga turun.

2. Kemoterapi Alami untuk Kanker

Salah satu manfaat kesehatan yang besar dari shalat tahajud adalah sebagai kemoterapi alami bagi penderita kanker, atau pencegah kanker yang tidak memiliki efek samping.

Kanker, merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan orang yang telah terkena penyakit ini akan menghadapi serangkaian pengobatan kedokteran modern seperti kemoterapi.

Nah, dari shalat tahajud inilah kanker bisa diredam karena merupakan kemoterapi alami bagi tubuh.

3. Meningkatkan Kekebalan dan Imun Tubuh

Kemudian, manfaat shalat tahajud ini adalah meningkatkan daya kekebalan tubuh manusia.
Orang yang sering shalat malam maka kekebalan tubuhnya meningkat dan ini menyehatkan bagi si pelaksana shalat.

Hal ini diteliti dan diungkapkan oleh Prof. Dr. Muhammad Shaleh bahwa dalam tahajud, banyak manfaat kesehatan yang akan didapat.

Senada dengan hal itu, shalat tahajud juga dapat meningkatkan imunitas tubuh yang baik untuk melawan virus atau kuman yang ada di lingkungan. Apalagi hari-hari ini tengah marak virus corona di hampir seluruh negara dunia.

4. Menyehatkan Mental dan Rohani

Selain memiliki banyak manfaat kesehatan seperti diatas, shalat tahajud juga dapat menyehatkan rohani dan mental orang yang mengerjakannya.

Shalat ini dapat menenangkan jiwa manusia, setelah mereka bekerja seharian penuh dan tidur di separuh malamnya. Maka saat ia terbangun jiwa itu fresh, fikiran dalam keadaan kosong dan dengan mengawali masa pagi dengan tahajud inilah hati dan fikiran manusia akan dimulai dengan hal positif.

Selain itu, dalam masa itu adalah waktu dimana doa seorang hamba diijabahi oleh Allah swt.

Maka memperbanyak diri dengan doa-doa yang disunnahkan ataupun doa pribadi sangat dianjurkan. Doa bisa dibaca saat seseorang sujud (dengan berbahasa arab), sebab itulah waktu dimana seorang sangat dekat dengan Allah swt.

Adapun doa setelah shalat tahajud, bisa juga dimohonkan dengan bahasa apapun yang difahami manusia. Dan Allah swt adalah Tuhan yang mengabulkan doa hambaNya.

5. Mencegah Hipertensi dan Hipotensi

Shalat tahajud juga dapat meredam atau mencegah potensi darah naik (hipertensi) dan darah drop (hipotensi). Penyakit tensi tinggi inilah penyebab dari adanya berbagai penyakit kronis dalam tubuh manusia.

Di sepertiga malam, otak manusia akan melepaskan serotini, malatonin dan endorsin. Terlepasnya tiga hal itu dapat menenangkan otak dan jiwa manusia.

Dari ketenangan itulah rasa pusing, hipertensi dan hipotensi dapat tercegah.

Popular posts from this blog

Jadilah Pemain Terkuat dengan Top Up Chip Ungu Higgs Domino

Higgs Domino telah menjadi fenomena di dunia permainan kartu online. Game ini menawarkan keseruan, strategi, dan tantangan yang mengasyikkan bagi jutaan pemain di seluruh dunia. Dalam permainan ini, persediaan chip yang memadai menjadi faktor penting dalam menentukan seberapa kuat Anda sebagai pemain. Untuk menjadi pemain terkuat, Top Up Chip Ungu Higgs Domino hadir sebagai solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan chip Anda dan mengangkat permainan Anda ke level berikutnya.

Mengenal Kopi Radix HPAI Pak Haji Ismail Dari Malaysia

Review Kopi yang lagi Booming dan termasuk terlaris Saat ini sehingga sayapun lalu Mencobanya kopi itu bernama Kopi Radix hpai Pak haji ismail dari Malaysia Kopi ini dikemas dalam bentuk Saset hanya Saja harga agak sedikit mahal mengingat ini kategori Minuman kesehatan herbal atau semacam suplemen herbal dan kopi ini diolah dengan sangat bagus sekali serta Aroma yang Pas  lagi Mantap Kopi Radix hpai pak haji ismail ini menurut sumber yang saya baca diinternet menjelaskan Pertama untuk cara minumnya cara ngaduknya harus berlawanan dengan jarum jam mengambil pelajaran waktu towaf dan harus menggunakan tangan kanan aturan ini dibuat mengingat ini adalah Produk Muslim sistemnya juga muslim cara cara islami yang dipraktekkan suatu contoh dalam memproduksi semua karyawan wajib menjaga wudlu dan jikalau batal wajib berwudu kembali jadi betul betul menjaga kesucian . Kembali ke kopi Radix. hpai pak haji ismail dari Malaysia ini yang secara umum mengapa banyak yang tertarik membeli

TEMPAT WISATA ROMANTIS DI JOGJA UNTUK BULAN MADU YANG TAK TERLUPAKAN

Jalan-jalan ke tempat romantis bersama pasangan anda tentu saja menjadi sesuatu yang menyenangkan. Salah satu kota di Indonesia yang menawarkan beragam destinasi wisata romantis adalah Jogja. Banyak yang mengatakan bahwa setiap sudut kota Jogja memiliki nuansa yang sangat romantis, baik itu kuliner, tempat wisata serta budaya ya yang memiliki nuansa tersendiri.