Friday, June 19, 2020

Pengaruh alam bawah sadar dalam kehidupan manusia

 Manusia adalah makhluk yang kompleks yang mempunyai banyak aspek yang masih sulit dipahami sampai saat ini. Salah satu aspek manusia yang masih sangat sulit dipahami sampai saat ini adalah alam dari bawah sadar manusia. 

Alam bawah sadar manusia dikatakan menyimpan banyak sekali rahasia. Terlebih lagi rahasia tentang masa depan. 

Oleh karena itu anda mungkin sudah sering membaca tentang penafsiran mimpi di mana orang-orang berusaha menggali alam bawah sadarnya untuk mendapatkan informasi tentang masa depan. Bagi kebanyakan orang penafsiran mimpi merupakan sesuatu yang terlalu muluk-muluk karena penafsiran mimpi sendiri seringkali meleset jikalau dilakukan oleh sembarangan orang. 

Namun bagaimanapun kita bisa melihat di dalam kisah-kisah keagamaan ada banyak sekali orang-orang yang melakukan penafsiran mimpi secara akurat. Tentunya penafsiran mimpi itu dilakukan oleh orang-orang yang dikisahkan mendapatkan karunia untuk melakukan penafsiran mimpi. 

Sekarang yang jadi masalah adalah tidak semua orang yang saat ini melakukan penafsiran mimpi adalah orang-orang yang mendapatkan karunia tersebut. 

Biasanya mereka hanya melakukan pembelajaran dengan memperhatikan simbol-simbol yang terdapat di dalam mimpi seseorang. Penafsiran mimpi ini berbeda dengan fenomena dejavu karena fenomena dejavu benar-benar mimpikan kejadian yang sebenarnya di masa yang akan datang. 

Sedangkan penafsiran mimpi cenderung kepada simbol-simbol yang sering dimimpikan oleh orang-orang pada saat mereka berada dalam kondisi yang sama. 

Inilah yang membuat banyak praktisi psikologi yang berpendapat bahwa mimpi lebih merupakan gambaran alam bawah sadar seseorang berdasarkan kondisi mental yang saat ini. Orang-orang yang mengalami kondisi mental tertentu cenderung akan mendapatkan mimpi yang tertentu pula. 

Tapi penjelasan dari praktisi psikologi ini jelas tidak bisa menjelaskan fenomena penafsiran mimpi yang terjadi di dalam kisah-kisah keagamaan dan juga dejavu

Bagaimanapun dejavu benar-benar memperlihatkan cuplikan dari kejadian di masa yang akan datang ke seseorang. Dari kita tidak bisa mengabaikan begitu saja bahwa tafsir mimpi benar-benar bisa memperlihatkan gambaran tentang masa depan.