Wednesday, September 9, 2020

Pentingnya jasa disinfektan di masa Pandemi

Disinfektan pada dasarnya adalah cairan kimia agen antimikroba yang dibuat khusus untuk membasmi berbagai jenis mikroorganisme di permukaan yang lembab. Disinfektan yang ideal tentu saja dapat dengan cepat dan mudah membunuh virus, jamur, dan bakteri tanpa merusak barang-barang yang terkena disinfektan tersebut. 

Di masa pandemic seperti sekarang ini, banyak orang yang berusaha membuat cairan disinfektannya sendiri dan juga menyemprotkannya sendiri pada rumahnya. Namun tahukah anda bahwa disinfektan yang baik tidak dapat dibuat secara sembarangan. Diperlukan konsentrasi yang tepat untuk menghasilkan disinfektan yang bekerja dengan baik. 

Disinfektan dengan konsentarsi yang rendah bisa tidak efektif dalam membasmi virus, bakteri dan jamur, namun disifektan dengan konsentrasi yang terlalu tinggi juga dapat membahayakan lingkungan sekitar. Itulah sebabnya dibandingkan membuat dan menyemprotkannya sendiri, maka sangat disarankan untuk menggunakan jasa disinfektan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses sterilisasi untuk memperoleh hasil sterilisasi yang maksimal. Proses sterilisasi yang dilakukan dengan benar tentu saja akan memberikan hasil sterilisasi yang maksimal pula. Dalam hal ini, pastikan anda menggunakan jasa disinfektan yang mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan disinfektan 

Pada dasarnya bahan disinfektan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Tetapi seberapa efektif bahan tersebut untuk membasmi berbagai jenis kuman, jamur dan virus ditentukan dari kandungan bahan yang dikandung bahan disinfektan tersebut. Jika anda ingin melakukan sterilisasi untuk indoor, maka dianjurkan untuk menggunakan larutan yang tepat seperti  etanol dengan  konsentrasi sebesar 60%. Etanol terkenal sebagai larutan yang dapat merusak dinding virus secara efektif sehingga virus yang terkena etanol akan mati dalam waktu yang cepat.

Teknik penyemprotan

Saat melakukan penyemprotan disinfektan, pastikan jasa disinfektan yang anda gunakan membiarkan cairan disinfektan menempel dan mengering dalam waktu minimal sepuluh menit. Jika kurang dari 10 menit, maka dikhawatirkan virus dan kuman belum hancur seluruhnya. Petugas penyemprotan yang berpengalaman harusnya sudah tahu akan hal ini. 

Petugas jasa disinfektan yang berpengalaman tentunya juga harus mengetahui cara menghilangkan cairan disinfektan yang menempel, agar tidak membahayakan lingkungan sekitar dan orang-orang yang berada di sekitarnya. Disinfektan yang tidak dibersihkan dengan baik tentunya akan membahayakan kesehatan penghuni rumah.

Menggunakan jasa disinfektan tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai hal di atas. Ada banyak manfaat yang dapat anda peroleh apabila langsung menggunakan jasa disinfektan. Salah satu di antaranya adalah anda dapat lebih menghemat waktu dan tenaga serta memperoleh hasil yang lebih maksimal.