Thursday, October 14, 2021

Tips merawat jembatan timbang

 Jika anda berkunjung ke perusahaan-perusahaan ataupun ke pertambangan dan perkebunan maka anda akan dengan mudah menemukan fasilitas jembatan timbang  . Fasilitas jembatan timbang truk ini biasanya diletakkan di lokasi untuk memantau berapa barang yang keluar masuk dari lokasi tersebut. Prinsip kerjanya cukup sederhana yaitu cukup dengan membandingkan bobot mobil truk pada saat dalam keadaan kosong dengan bobot mobil truk pada saat bermuatan. 

Dengan melakukan ini maka perusahaan bisa mengetahui dengan pasti berapa bobot dari muatan yang keluar masuk di dalam wilayah mereka. Jika jembatan timbang yang dipergunakan tidak akurat maka lambat laun ini akan menjadi kerugian yang besar untuk perusahaan tersebut. 

Jadi untuk memastikan sebuah jembatan timbang bisa menimbang secara akurat maka biasanya perusahaan akan melakukan dua hal. Yang pertama adalah perusahaan akan mempergunakan jembatan timbang yang menggunakan load cell yang berkualitas. 

Load cell adalah bagian terpenting dari sebuah jembatan timbang yang sangat mempengaruhi akurasi dari penimbangan. 

Namun perlu anda ketahui bahwa loadcell ini akan semakin tidak akurat dari waktu ke waktu. Hal itu dikarenakan jembatan timbang sering menerima beban yang besar hingga semakin lama akan semakin tidak akurat. 

Hal inilah yang membuat perusahaan perlu melakukan tera ulang dengan mempergunakan jasa tera ulang yang terdekat. 

Tera ulang adalah sebuah proses yang akan menilai kondisi terakhir dari jembatan timbang terkini. Jika ternyata jembatan timbang sudah mengalami pergeseran dari bobot yang seharusnya maka biasanya akan dilakukan kalibrasi. 

Proses kalibrasi inilah yang akan mengembalikan keakuratan dari jembatan timbang tersebut. Kedua hal ini akan memastikan perusahaan bisa selalu mendapatkan hasil pengukuran yang akurat. Arah pun jembatan timbang ini biasanya datang dalam berbagai pilihan beban. Ada yang bisa menahan beban 10 ton, ada juga yang 30 ton, dan ada yang bisa menangani beban hingga 50 ton. 

Jembatan timbang ini seharusnya mendapatkan perawatan dan perhatian dari pihak perusahaan karena jembatan ini akan sangat mempengaruhi sistem pengawasan yang bisa mencegah kerugian di dalam perusahaan tersebut.