Friday, March 13, 2020

Sejarah penafsiran mimpi

 Mimpi adalah sesuatu yang menyimpan banyak misteri untuk manusia. Ada banyak orang yang mempercayai bahwa mimpi bisa memberikan informasi-informasi tentang masa depan yang sangat ingin diketahui oleh manusia.

Ada 2 alasan utama yang membuat orang-orang percaya bahwa mimpi bisa memberikan informasi tentang masa depan. Yang pertama adalah fenomena dejavu. Orang-orang yang mengalami fenomena deja vu ini mengatakan bahwa mereka ke-64 ikan kejadian yang baru saja mereka alami. 

Jadi fenomena ini memberikan gambaran bahwa mimpi memang bisa memberikan potongan-potongan dari kejadian yang akan datang. Hal inilah yang membuat banyak orang yang beranggapan bahwa mimpi merupakan bagian dari alam bawah sadar yang sebenarnya jauh lebih besar dari alam sadar itu sendiri. 

Jika alam sadar memungkinkan kita untuk mengenali hal-hal yang ada di depan mata kita maka alam bawah sadar dikatakan bisa membantu kita untuk mengetahui hal-hal yang jauh lebih besar lagi. Faktor kedua yang membuat orang orang beranggapan bahwa penafsiran mimpi adalah sesuatu yang riil adalah iman atau kepercayaan mereka. 

Sebab ada banyak sekali literatur keagamaan yang menuliskan kisah-kisah penafsiran mimpi. Dengan sendirinya mempercayai penafsiran mimpi adalah bagian dari kepercayaan itu sendiri. Yang menjadi masalah bagi orang-orang yang mempercayai penafsiran mimpi dari literatur keagamaan mereka adalah memisahkan antara ramalan manusia dengan ramalan yang bersifat ilahi. 

Karena kita kisah penafsiran mimpi yang terjadi di dalam literatur keagamaan adalah kisah-kisah yang terjadi karena karunia ilahi. Berbeda dengan ramalan-ramalan mimpi yang didasarkan pada ada hasil akumulasi pengalaman dan pengumpulan simbol-simbol yang dilakukan oleh orang-orang yang ingin mendalami tafsir mimpi ini. 

Jadi penafsiran mimpi yang terjadi dalam literatur keagamaan digambarkan sebagai penafsiran mimpi yang mempunyai keakuratan 100%. Berbeda dengan penafsiran atau ramalan mimpi yang didasarkan pada teknik-teknik tertentu biasanya akan menghasilkan multitafsir atau bisa juga meleset. 

Oleh karena itu bagi anda yang yang gelisah dengan arti dari anda mungkin anda bisa mencoba mencari tahu apa makna dari mimpi itu tetapi bukan untuk menjadikannya sebagai sesuatu yang harus anda percaya mutlak.