Thursday, August 4, 2022

Undangan Pernikahan Online Atau Undangan Pernikahan Cetak?

 Saat ini ada banyak orang yang berencana untuk mengadakan acara pernikahan. Salah satu hal yang paling dipikirkan oleh setiap pelaksanaan acara pernikahan adalah siapa-siapa saja orang yang akan mereka undang. 

Tentu saja ini adalah hal yang sangat penting karena hari pernikahan adalah hari di mana kita meminta restu dari semua kenalan dan juga keluarga kita. Tentu saja akan menjadi masalah jikalau ada orang yang merasa dekat dengan kita namun ternyata kita tidak mengundang mereka ke acara pernikahan yang kita adakan. Hal seperti ini bisa menimbulkan ketersinggungan. 

Hal lain yang perlu kita pikirkan adalah undangan yang akan kita kirimkan nantinya. Undangan pernikahan saat ini sudah bisa kita pilih dalam bentuk cetak ataupun digital. Tentu saja saat ini masih ada beberapa orang yang merasa canggung menerima undangan pernikahan dalam bentuk digital. 

Mereka berpandangan bahwa sebuah undangan pernikahan seharusnya dalam bentuk cetak dan diantarkan langsung ke rumah. Biasanya yang berpandangan seperti ini adalah generasi angkatan orang tua kita yang memang terbiasa dengan konsep undangan konvensional. Sedangkan generasi yang lebih mudah biasanya cukup santai dalam menerima undangan pernikahan online. Terlebih lagi kita baru-baru ini melewati masa lockdown akibat pandemi covid-19. 

Masa dan ini membuat kita banyak melakukan aktivitas secara online tentu saja hal ini membuat kita menjadi lebih terbiasa menerima pemberitahuan dan undangan dalam bentuk digital. Bagi anda yang sudah terbiasa dengan konsep undangan digital tentunya anda menyadari beberapa kelebihan dari penggunaan undangan digital ini. Undangan digital jelas lebih murah sehingga akan mengurangi beban biaya bagi pihak pelaksana. 

Sebagai keluarga ataupun teman dari orang yang melaksanakan pernikahan seharusnya kita bisa mendukung mereka untuk mengadakan penghematan terlebih lagi di kondisi ekonomi yang saat ini semakin berat. Tentu saja kita harus melihat bahwa pernikahan itu harus di. Beratkan pada kebersamaan untuk mengucapkan syukur atas bersatunya orang yang kita sayangi ataupun hormati dengan pasangannya. 

Keuntungan lain dari undangan digital adalah bisa dengan mudah diantarkan dan relatif lebih sulit untuk rusak ataupun hilang. Undangan pernikahan digital tentu saja bisa kita kirimkan melalui whatsapp ataupun email. Tidak seperti undangan pernikahan cetak yang harus diantarkan dari rumah ke rumah. 

Undangan pernikahan cetak ini seringkali salah antar atau orang yang mengantarkannya tidak menemukan alamat yang dituju. Tentu saja kondisi-kondisi seperti ini tidak akan terjadi jika kita menggunakan undangan digital. Mungkin saja orang yang kita undang sebagian ada yang tidak mempunyai whatsapp ataupun email. Kita bisa mengatasi masalah seperti ini dengan mencetak beberapa undangan kertas. 

Jadi kita bisa selalu mengkombinasikan antara undangan kertas dan undangan digital ini menurut keperluan dan kebutuhannya.
Saat ini ada banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan undangan pernikahan digital dibandingkan undangan pernikahan konvensional yang dicetak.

Hal itu dikarenakan undangan pernikahan digital mempunyai banyak kelebihan dan kemudahan dalam penggunaannya. Salah satu hal yang paling menjadi pertimbangan tentu saja adalah biaya undangan pernikahan digital yang lebih murah atau bahkan gratis. Saat ini ada banyak sekali website yang menyediakan undangan pernikahan online digital yang bisa dibuat dengan sangat mudah. 

Anda tidak perlu membayar jika anda menggunakan fitur-fitur dasar dari website ini. Namun jikalau anda ingin tampilan yang lebih premium dan lebih elegan maka tentunya anda bisa menggunakan fitur yang berbayar. Kemudahan dari penggunaan website undangan digital adalah sangat mudah untuk dikirimkan ke semua orang yang akan menjadi tamu undangan anda. 

 Anda tidak perlu mengantarkan dari rumah ke rumah karena cukup mengirimkan link melalui whatsapp ataupun email. Jadi dengan menggunakan undangan digital ini anda akan menghindari undangan yang gagal terkirim karena alamat yang tidak bisa ditemukan. Anda cukup mengirimkan undangan tersebut ke nomor telepon yang ada di kontak hp anda. 

Keuntungan lain dari menggunakan undangan digital ini adalah pengeditan yang bisa dilakukan kapan saja. Walaupun tentunya kita berharap tidak ada perubahan yang terjadi dari rencana pernikahan yang sudah disepakati namun seringkali hal-hal yang tidak diinginkan bisa menjadi penghalang. 

Sebut saja beberapa waktu yang lalu pandemi covid sempat mereda sehingga ada banyak orang yang merencanakan pernikahan namun karena pandemi tiba-tiba meningkat jumlah penularannya maka pemerintah kembali membatasi acara keramaian. Jika kondisi-kondisi seperti ini terjadi maka mungkin kita perlu menginformasikan perubahan atau pengunduran acara pernikahan. 

 Biasanya hal ini akan sangat sulit dilakukan dengan undangan fisik yang sudah terlanjur terkirim. Namun untuk undangan digital hal-hal seperti ini sangat gampang untuk diperbaiki. Kita cukup mengedit saja halaman dari undangan digital kita dan nantinya halaman ini akan diakses kembali oleh tamu-tamu undangan pada saat mereka berencana akan datang ke acara pernikahan tersebut. 

Hal lain yang menjadi kelebihan dari undangan digital ini adalah kamu undangan bisa dengan cepat memberikan respon dan kepastian apakah mereka akan datang atau mereka mungkin berhalangan sehingga tidak bisa hadir di acara pernikahan kita. 

Hal-hal seperti ini bisa sangat membantu pihak pelaksanaan acara untuk memindahkan undangan ke orang yang lain yang menjadi prioritas berikutnya. Atau jikalau ternyata cukup banyak yang berhalangan maka bisa mempengaruhi paket catering yang akan diambil. 

Dari sini kita bisa melihat bahwa undangan digital ini mempunyai banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan undangan konvensional. Namun tentu saja di luar sana masih ada banyak orang yang beranggapan bahwa undangan konvensional itu lebih etis dan lebih personal sifatnya. 

Biasanya orang-orang yang berpandangan seperti ini adalah generasi-generasi yang usianya di atas 50 tahun. Hal itu dikarenakan mereka memang bertumbuh dalam budaya dan tradisi yang seperti ini. Jadi anda perlu membuat perkembangan yang matang apakah orang yang akan anda kirim undangan akan merasa tersinggung jika anda hanya mengirimkan undangan online saja. 

Jika anda merasa bahwa ada kemungkinan orang tersebut akan merasa tersinggung maka sangat direkomendasikan agar anda juga membuat beberapa lembar undangan fisik untuk anda antarkan ke orang-orang yang masih sulit menerima konsep undangan online. 

Tentunya anda tidak ingin merusak suasana dari acara pernikahan hanya karena masalah undangan yang anda kirimkan. Jadi untuk masalah undangan pernikahan online ataukah undangan pernikahan cetak yang akan anda kirimkan itu sepenuhnya tergantung dari pertimbangan anda.