Thursday, March 25, 2021

Bahasa pemrograman apa yang sebaiknya anda pelajari

 Saat ini di dunia ada banyak sekali orang yang sangat bergantung dengan teknologi. Komputer dan smartphone sudah menjadi 2 peralatan sehari-hari penunjang kerja manusia. Kedua peralatan ini dibuat oleh programmer dan oleh karena itu masa depan programmer bisa tergolong sangat cerah saat ini. 

Hal inilah yang membuat ada banyak orang tertarik untuk belajar bahasa programming. Tapi mereka bingung hendak mempelajari bahasa programming yang mana? Jika anda saat ini mengalami kebingungan untuk memilih bahasa programming yang sesuai untuk anda maka ada beberapa tips yang bisa membantu anda memilih bahasa programming yang tepat untuk anda. 

Pertama yang perlu anda ketahui adalah apa tujuan anda dari melakukan coding. Anda bisa saja membuat operating system seperti windows atau software seperti corel draw. Atau anda bisa membikin os untuk smartphone seperti android atau membuat aplikasi seperti go-jek. Hal-hal inilah yang dibuat oleh seorang programming dan anda perlu terlebih dahulu mengenali apa yang hendak anda kerjakan sebelum anda memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk anda. 

Setelah anda mengetahui apa yang menjadi tujuan anda melakukan coding maka anda sudah bisa menentukan bahasa pemrograman mana yang paling tepat untuk anda. Sebagai contoh jika anda ingin mengembangkan aplikasi untuk android maka anda bisa mencoba mempelajari bahasa pemrograman seperti java dan juga kotlin. Kedua bahasa pemrograman inilah yang dipergunakan untuk mengembangkan aplikasi apapun yang ada didalam android. 

Bahkan anda bisa membuat sebuah game online untuk aplikasi android dengan menggunakan bahasa pemrograman java ini. Hal lain yang perlu anda persiapkan adalah sikap anda sendiri. Jika anda adalah seorang yang suka bersenang-senang dan sulit untuk fokus terhadap suatu hal maka sebaiknya anda tidak mencoba untuk menjadi seorang programer. 

Seorang programmer harus menyusun baris-baris perintah yang sangat panjang yang tidak akan menarik untuk orang-orang yang suka bersenang-senang. Dan satu kesalahan kecil saja bisa membuat seluruh baris program yang anda kerjakan menjadi tidak berfungsi. Seorang programmer haruslah menyukai pembuatan bahasa pemrograman. 

Seorang programmer bisa menghabiskan waktu berhari-hari hanya untuk menyusun suatu program yang bisa bekerja dengan lancar. Jadi karakter seseorang juga sangat menentukan apakah dia bisa menjadi seorang programmer atau tidak. Jika anda memang seseorang bisa menikmati proses menjadi seorang programmer dan sudah mengetahui bahasa pemrograman mana yang harus anda pilih kami sangat merekomendasikan agar anda mengambil kursus. 

Mempelajari bahasa pemrograman secara otodidak adalah sesuatu yang sangat sulit. Ada banyak sekali variabel yang bisa membuat proses pembelajaran anda menjadi kandas di tengah jalan. Dengan menggunakan bantuan kursus belajar coding akan ada mentor yang membantu anda untuk memecahkan masalah-masalah tersebut. 

Kursus bahasa pemrograman juga akan menyediakan banyak sekali file-file pemrograman yang sudah jadi yang bisa anda pakai untuk belajar. Selain mengikuti kursus bahasa pemrograman anda juga harus mengusahakan agar bahasa inggris anda cukup lancar. Karena ada banyak sekali perkembangan bahasa pemrograman yang hanya bisa anda ketahui dengan membaca jurnal-jurnal dari luar negeri. Kurang lebih inilah hal-hal yang perlu anda miliki jika anda ingin menjadi seorang programmer.