Tuesday, March 2, 2021

TIPS AMAN BELANJA DI APOTEK ONLINE

Membeli obat secara online sekarang ini mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebab selain mudah, apotek online juga menawarkan banyak keuntungan lainnya. 

Beberapa keuntungan lain yang bisa anda peroleh dengan menggunakan jasa apotek online adalah penawaran harga yang relatif lebih murah. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, apotek online juga membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan untuk dapat memperoleh obat-obatan yang mereka butuhkan tanpa harus pergi ke apotek, dengan demikian apotek online juga membantu mencegah penularan virus covid-19. 

Namun layaknya toko online lainnya, kita tetap harus cerdas dan teliti dalam melakukan pembelian, apa lagi apotek menjual ragam jenis produk yang terkait erat dengan kesehatan kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak orang tidak bertanggungjawab diluar sana yang melakukan ragam jenis penipuan dengan kedok toko online. Hal yang sama juga terjadi pada apotek online. 


Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui apakah apotek tersebut memiliki izin menjual obat-obatan. Indonesia sendiri sudah memiliki aturan yang  mengatur siapa saja yang boleh dan tidak boleh menjual obat secara online, selain itu aturan tersebut juga mengatur apa saja produk jenis produk yang boleh di jual oleh apotek online. 

Namun walaupun begitu anda tetap harus hati-hati, jika anda menemukan hal yang ganjil maka anda dapat membantu pemerintah dengan melaporkan aktivitas apotek online yang mencurigakan tersebut.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjamin keamanan anda saat menggunakan jasa apotek online:

-    Saat anda ingin membeli obat yang termasuk dalam kategori obat keras yang membutuhkan resep, maka pastikan pihak apotek online meminta foto dari resep dokter tersebut. Jangan mudah terlena akan kemudahan mendapatkan obat keras tanpa resep dokter.

-    Pastikan website atau aplikasi apotek online tersebut memiliki apoteker. Caranya adalah dengan melihat apakah website atau aplikasi apotek online tersebut memiliki fitur konsultasi dengan apoteker dan pastikan apoteker apotek online tersebut tersebut memiliki lisensi dari institusi resmi.

-    Salah satu kelebihan dari apotek online adalah privasi dari pembelinya, jadi jika apotek online mulai meminta data pribadi secara berlebihan seperti nomor kartu kredit dan berbagai identitas pribadi anda, maka anda patut curiga.

-    Jika anda ragu, maka anda dapat mencek terlebih dahulu reputasi dari apotek online tersebut. Saat ini anda dapat menemukan review dengan sangat mudah secara online.

-    Rasionallah dalam membeli barang. Jangan mudah tergoda dengan penawaran harga yang terlalu murah. Setiap obat memiliki kisaran harga resmi, jika harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari kisaran harga resmi yang ditawarkan, maka anda patut waspada. Obat yang memberikan klaim dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit secara berlebihan juga patut dicurigai. Jangan mudah terpukau dengan obat yang diklaim dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dari kepala hingga ujung kaki.

-    Setelah membeli dan menerima obat, maka pastikan anda mengecek keaslian obat yang Anda beli.