Friday, July 2, 2021

Mengapa Digital Marketing Penting?

Digital marketing saat ini semakin populer. Digital marketing sudah melampaui pembelanjaan untuk pemasaran tradisional untuk pertama kalinya di tahun 2019. Ini karena konsumen semakin hadir di saluran online. 

Dengan kemajuan teknologi seperti AI dan pembelajaran mesin, pemasar lebih dilengkapi dengan teknologi pemasaran yang dibutuhkan untuk menjangkau konsumen di perangkat digital pada saat yang tepat. Ini bertentangan dengan metode pemasaran tradisional – yang harus direncanakan dan ditempatkan jauh sebelumnya. Pertimbangkan hal berikut:

  • Dunia memiliki 7,7 miliar orang dan 4,4 miliar orang menggunakan internet
  • Hampir 30 persen konsumen lebih suka berinteraksi dengan brand melalui saluran sosial dibandingkan pergi ke toko.


Agar kompetitif, brand harus hadir di seluruh saluran dan perangkat digital. Namun, ini tidak berarti saluran offline harus diabaikan sama sekali. Cara terbaik untuk memenuhi permintaan konsumen adalah dengan kehadiran omnichannel – yang menggabungkan elemen offline dan digital.
 

Apa Manfaat digital marketing?


Dengan menggunakan inisiatif digital marketing, organisasi Anda dapat menciptakan perjalanan pelanggan yang lebih kohesif dan berpusat pada pelanggan yang memenuhi target audiens Anda di mana pun mereka berada. Ini juga membuka pintu untuk keterlibatan berkelanjutan bahkan setelah pembelian, yang dapat membantu tim pemasaran secara lebih efektif menumbuhkan loyalitas merek dan meningkatkan retensi pelanggan.
 

Apa itu Platform digital marketing?


Gartner mencatat bahwa dalam konteks bisnis modern, platform adalah alat yang menyediakan berbagai kemampuan bisnis atau teknologi. Meskipun ada alat untuk menangani fungsi tertentu dalam satu kebutuhan bisnis, seperti alat tunggal untuk menjadwalkan pembaruan media sosial saja, platform mendukung banyak fungsi di seluruh kebutuhan ini. Platform biasanya mengaktifkan serangkaian fungsi yang lebih luas dengan API, integrasi, dan kemitraan dengan aplikasi atau sumber data lain.

Sekarang, mari kita tinjau kembali pertanyaan awal. Apa itu platform digital marketing? Platform digital marketing adalah solusi yang mendukung berbagai fungsi dalam ranah pemasaran melalui internet. Menurut Gartner, penting untuk dicatat bahwa untuk mengklasifikasikan sebagai platform, solusinya tidak dapat mengklaim untuk mendukung setiap komponen digital marketing – tetapi akan mencakup fungsionalitas seperti pembelian media, pengukuran dan pengoptimalan kinerja, dan pelacakan merek. Namun, itu mungkin tidak mencakup upaya pemasaran lain seperti SEO, media sosial.