Wednesday, July 28, 2021

LAMPU PJU SOLAR CELL SOLUSI UNTUK PENERANGAN JALAN

Matahari adalah sumber energi yang sangat melimpah dan tidak terbatas untuk kita gunakan. Ada banyak sekali peralatan yang saat ini memanfaatkan energi matahari sebagai sumber energinya.

 

Salah satu bentuk aplikasi penerapan dari energi matahari ini adalah pada teknologi lampu PJU solar cell. Lampu PJU solar cell atau lampu PJU tenaga surya adalah lampu yang sumber energinya berasal dari pembangkitan tenaga surya. 

Lampu PJU ini semakin diminati oleh banyak pihak karena praktis untuk digunakan di daerah-daerah yang tidak mempunyai aliran listrik PLN. Lampu PJU tenaga surya ini bisa menghasilkan terang hingga 12800 lumen sehingga bisa menerangi jalan ataupun area yang cukup luas. 

lampu PJU Solar Cell

 

Dengan terang hingga rp12.800 kita bisa memasang satu unit lampu PJU untuk jarak 100 meter. Lampu PJU tenaga surya ini biasanya dibuat dengan menggunakan lampu led yang hemat energi namun bisa menghasilkan cahaya yang sangat terang. 

Usia pemakaiannya pun tergolong cukup lama yaitu hingga 50000 jam. Oleh karena lampu PJU tenaga surya ini menghasilkan sendiri daya yang dibutuhkannya maka pemasangannya pun sangat praktis. Anda hanya memerlukan 1 tiang kayu untuk memasang lampu PJU tenaga surya ini. 

Jika anda tertarik untuk membeli lampu PJU tenaga surya; anda bisa membelinya dari marketplace ataupun dari website distributor produk-produk panel tenaga surya. Lampu PJU tenaga surya ini mempunyai harga yang cukup bervariasi mulai dari sekitar 2 jutaan hingga 5 jutaan. 

Biasanya yang membuat perbedaan harga ini cukup mencolok adalah ukuran daya dari lampu tersebut dan juga baterai atau aki yang digunakan untuk menyalakan lampu tersebut. Semakin besar aki yang digunakan maka tentu harganya akan semakin mahal. 

Namun harga yang mahal ini tentu saja diimbangi dengan nyala lampu yang lebih lama. Beberapa daerah membeli lampu PJU yang bisa menyala sekitar 4 jam saja. 

Biasanya di kawasan perkampungan tidak akan terlalu mempermasalahkan lampu jalanan yang hanya menyala sekitar 4 jam saja karena biasanya tidak ada penduduk yang beraktivitas di atas jam 10 malam. Namun untuk kawasan yang yang tingkat aktivitas masyarakatnya cukup tinggi biasanya akan memerlukan lampu PJU yang menyala hingga pagi hari. 

Tentu saja penggunaan lampu PJU ini juga akan dipengaruhi oleh cuaca. Jadi pada saat mungkin musim hujan besar kemungkinan pengisian baterai tidak akan terlalu optimal. 

Namun lampu PJU tenaga surya ini masih menjadi solusi yang terbaik untuk daerah yang memang tidak mempunyai aliran listrik. 

Jadi jika di daerah anda masih ada jalanan yang gelap karena tidak adanya lampu penerangan jalan umum; anda bisa mengajukan usulan ke pemerintah setempat di daerah anda untuk mengadakan lampu PJU tenaga surya ini. 

Tentunya masyarakat di sekitar lokasi tersebut juga harus ikut berpartisipasi di dalam pengadaan lampu PJU tenaga surya ini karena pengadaan lampu ini juga ditujukan untuk kebaikan semua warga.