Skip to main content

Keutamaan Dan Manfaat Puasa Rajab

Bulan Rajab adalah salah satu di antara bulan-bulan haram (bulan suci yang di hormati) dalam Islam. Rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender hijriah. Dengan memasuki bulan Rajab, berarti tanda-tanda kedatangan bulan Ramadhan akan semakin dekat. Artinya bulan ini merupakan starting awal untuk seorang hamba untuk mempersiapkan diri dalam rangka menyambut bulan puasa.


Keutamaan Puasa Rajab

Puasa Rajab sudah di anjurkan dalam Firman dan Hadist Nabi SAW. Berikut ini adalah beberapa keutamaan Puasa Rajab :

Imam Ahmad

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) bulan Sya’ban dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).

Abu Dawud

“Puasalah pada bulan-bulan Al Hurum (bulan Rajah, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram) dan hentikanlah (beliau mengucapkannya sebanyak 3 kali).” (HR. Abu Dawud No. 2428 dan di dhaifkan oleh Al-Albani dalam Dhaif Abi Dawud).

At-Tabrhani

“Barang siapa yang berpuasa pada bulan rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, jika puasa selama 7 hari maka di tutuplah untuknya 7 pintu neraka jahannam, jika puasa 8 hari maka di bukakan untuknya 8 pintu surga. Dan jika puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya”. (HR. At-Tabrhani).

Muslim

“Seutama-utama puasa setelah bulan Ramadan ialah puasa di bulan-bulan al-muharram.” (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan  Rajab).

Manfaat Puasa Rajab

Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa rajab :

Mendapatkan Ridho Allah S.W.T

Nabi saw bersabda: “Barang siapa yang melaksanakan ibadah puasa di bulan rajab dengan niat yang ikhlas, maka ia akan memperoleh keridhoan Allah SWT yang sangat besar”

Mendapatkan Pahala Seperti Ibadah selama 5 tahun

Nabi SAW bersabda: “Barang siapa yang berpuasa di bulan rajab atau 27 rajab, maka akan mendapatkan pahala seperti kita melaksanakan ibadah selama 5 tahun berpuasa”

Mendapatkan Kemuliaan Allah SWT

Nabi SAW bersabda: “Barang siapa yang beribadah puasa di bulan rajab, maka akan memperoleh kemuliaan yang besar disisi Allah SWT”

Mendapatkan Pahala 900 Tahun Berpuasa

Nabi SAW bersabda: “Barang siapa yang berpuasa dibulan rajab Per tanggal 1, 2, 3 maka akan memperoleh pahala seperti ibadah selama 900 tahun”

Mendapatkan Istajab Doa

Nabi SAW bersabda: “Barang siapa yang berpuasa 5 hari pertama di bulan rajab maka akan di kabulkan doanya”.

Ditutup Pintu Neraka

Nabi SAW bersabda: “Barang siapa yang berpuasa 7 hari pertama di bulan rajab maka akan di tutup ketujuh pintu neraka dan di bukakan delapan pintu surga jika berpuasa 7 hari pertama di bulan rajab”.

Mendapatkan Ampunan Dosa Yang Telah Diperbuat

Nabi SAW bersabda: “Barang siapa yang berpuasa 15 kali pertama di bulan rajab maka akan di ampuni semua dosa yang  telah di perbuat dan digantikan perbuatan dosa tersebut dengan amal sholeh/kebaikan.”

Mendapatkan Berlipat Pahala

Nabi SAW bersabda: “Barang siapa menambah-nambah hari puasa di bulan rajab maka pahalanya akan di lipat gandakan oleh Allah SWT”
Nabi Muhammad SAW bersabda juga ; “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu, dan lebih wangi dari minyak harum”, kemudian saya bertanya pada Malaikat Jibril a.s “wahai malaikat jibril, untuk siapakah sungai ini?” lalu malaikat jibril berkata, “ya Rosulullah sungai ini adalah untuk orang-orang yang yang membacakan shalawat untuk engkau di bulan rajab”.

Popular posts from this blog

Jadilah Pemain Terkuat dengan Top Up Chip Ungu Higgs Domino

Higgs Domino telah menjadi fenomena di dunia permainan kartu online. Game ini menawarkan keseruan, strategi, dan tantangan yang mengasyikkan bagi jutaan pemain di seluruh dunia. Dalam permainan ini, persediaan chip yang memadai menjadi faktor penting dalam menentukan seberapa kuat Anda sebagai pemain. Untuk menjadi pemain terkuat, Top Up Chip Ungu Higgs Domino hadir sebagai solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan chip Anda dan mengangkat permainan Anda ke level berikutnya.

Mengenal Kopi Radix HPAI Pak Haji Ismail Dari Malaysia

Review Kopi yang lagi Booming dan termasuk terlaris Saat ini sehingga sayapun lalu Mencobanya kopi itu bernama Kopi Radix hpai Pak haji ismail dari Malaysia Kopi ini dikemas dalam bentuk Saset hanya Saja harga agak sedikit mahal mengingat ini kategori Minuman kesehatan herbal atau semacam suplemen herbal dan kopi ini diolah dengan sangat bagus sekali serta Aroma yang Pas  lagi Mantap Kopi Radix hpai pak haji ismail ini menurut sumber yang saya baca diinternet menjelaskan Pertama untuk cara minumnya cara ngaduknya harus berlawanan dengan jarum jam mengambil pelajaran waktu towaf dan harus menggunakan tangan kanan aturan ini dibuat mengingat ini adalah Produk Muslim sistemnya juga muslim cara cara islami yang dipraktekkan suatu contoh dalam memproduksi semua karyawan wajib menjaga wudlu dan jikalau batal wajib berwudu kembali jadi betul betul menjaga kesucian . Kembali ke kopi Radix. hpai pak haji ismail dari Malaysia ini yang secara umum mengapa banyak yang tertarik membeli

TEMPAT WISATA ROMANTIS DI JOGJA UNTUK BULAN MADU YANG TAK TERLUPAKAN

Jalan-jalan ke tempat romantis bersama pasangan anda tentu saja menjadi sesuatu yang menyenangkan. Salah satu kota di Indonesia yang menawarkan beragam destinasi wisata romantis adalah Jogja. Banyak yang mengatakan bahwa setiap sudut kota Jogja memiliki nuansa yang sangat romantis, baik itu kuliner, tempat wisata serta budaya ya yang memiliki nuansa tersendiri.