Saturday, March 23, 2019

Microsoft Office 2019 Gagal Hadirkan Sesuatu yang Spesial

Microsoft Office 2019 Gagal Hadirkan Sesuatu yang Spesial


Tidak banyak yang bisa dibahas dari Mirosoft Office 2019 selain perdebatan mengenai manakah yang lebih baik, Office 2016, Office 2019, atau Office 365. Dari segi fitur, Office 2019 sebenarnya tidak buruk. Beberapa fitur baru terlihat membuat Word, PowerPoint, Excel, dll lebih fresh. Sayangnya, beberapa fitur tersebut sudah dirilis di Office 365. Pada akhirnya, Office 2019 hanya menjadi versi baru dengan pembaharuan yang tidak begitu baru.
Download Microsoft Office 2019 Full Version Gratis

Fitur Baru yang OK

Berikut adalah beberapa pembaharuan dan fitur baru untuk Word, PowerPoint, dan Excel.

Word
Office 2019 membuat Word tampak lebih nyaman untuk dibaca. Fitur Focus membuat dokumen pada Word lebih fokus untuk dibaca (UI yang dihilangkan dan latar belakang yang digelapkan). Office 2019 juga memberikan beberapa tools baru untuk Word, diantaranya translator, new text to-to-speech, dan text spacing.

PowerPoint
Beberapa fitur baru pada PowerPoint adalah support for 3D model, SVG files, new morph transitions, dan hand and pencil editing. Office 2019 memberikan pembaharuan pada PowerPoint berupa peningkatan kualitas display dan media. Hal tersebut membuat PowerPoint di Office 2019 menjadi lebih baik dalam hal visual.

Excel
Excel mendapatkan beberapa penambahan fitur baru, diantaranya new formulas, chart options, dan support for 2D maps. Fitur baru tersebut memberikan pengguna opsi lebih detail dan beragam untuk mengolah data. Selain fitur baru, ada juga pembaharuan pada Power Pivot, Power Querry, dan Power BI.

Pembaharuan dan penambahan fitur baru tersebut memang cukup baik (OK). Namun, hal tersebut tidak cukup membuat Office 2019 menjadi edisi Microsoft Office yang harus dibeli segera. Dengan harga yang tidak murah, fitur baru dan pembaharuan yang disediakan terasa kurang banyak dan kurang impresif. Beberapa fitur baru bahkan sudah muncul di Office 365 sementara yang lain tidak begitu meningkatkan pengalaman pengguna.

Bertahan di Office 2016

Entah memang tidak begitu diprioritaskan atau sebagai strategi agar pengguna menggunakan Office 365, Microsoft Office 2019 tampak tidak begitu mengesankan. Namun, bukan berarti Office 2019 rilisan yang buruk. Hanya saja, jika dibandingkan dengan rilisan edisi terdahulu, Office 2019 tampak terlalu sederhana. Nampaknya, untuk pengguna Office 2016, sebaiknya untuk tetap bertahan dan menggunakan edisi Office tersebut.